Minggu, 15 Februari 2015

Sejarah Piano

Sejarah ditemukannya Piano dan Asal-usulnya



Piano,.. alat musik yang satu ini sangat khas dengan suaranya. Piano dapat hidup dan mengiringi penyanyi tanpa bantuan atau iringan alat musik lain. Namun, tahukah anda ?? Piano pertama kali di dunia dipajang di Metropolitan Museum of Art di New York.  Piano ditemukan berdasarkan penemuan teknologi yang dikembangkan dari alat musik kecapi. Nah, perbedaannya, kecapi dimainkan dengan dipetik, sedangkan piano ditekan tutsnya. Ting….
Asal mula kata piano sebenarnya adalah pianoforte, yang berasal dari bahasa Italia. Namun siapakah penemu alat musik ini ? adalah Bartolomeo Cristofori pada tahun 1720-an yang menemukan piano pertama kali. Piano yang ia ciptakan, suaranya tidak sekeras sekarang, karena tegangan tuts piano pada saat itu masih sangat lemah. Ide awal penemuan Piano ini mungkin seorang Bartolomeo Cristofori bosan dan capek membunyikan dengan memetik sebuah kecapi dan beliau memikirkan membunyikan kecapi dengan ditekan tutsnya, tanpa perlu tenaga ekstra. Nah,. muncullah piano tersebut sebagai idenya..
Piano banyak mendapat dukungan dari komposer dan pianis-pianis terkenal yang mengiringi perkembangannya. Sehingga piano dalam musik semakin memiliki arti penting. Teknologi dalam pembuatan piano pun semakin menggunakan alat-alat berteknologi tinggi. Dalam beberapa waktu, gaya suara piano meningkat. Dari 5 oktav menjadi 7 1/3 (atau bahkan lebih)  oktav, ini menandakan piano semakin modern. Kemajuan teknologi ini banyak bersumber dari perusahaan di Inggris, Broadwood. Selama bertahun-tahun, instrumen buatan Broadwood mengalami perkembangan menjadi lebih banyak jenisnya, lebih baik suaranya, juga dikemas secara baik dan rapi. Perusahaan Broadwood mengirim piano mereka kepada Hadyn dan Beethoven. Cakupan kemampuan piano yang mereka kirim itu lebih dari lima oktaf. pada tahun 1790an, tahun 1810 menyusul menjadi enam oktav, sampai pada tahun 1820 akhirnya menjadi tujuh oktav. Sampai-sampai banyak perusahaan pembuat piano mengikuti trend ini.
Sejak tahun 1830-an, konser piano selalu di idolakan banyak penggemar musik. Setiap para pianis terkenal menggelar konsernya, kerap kali dipadati oleh para penggemar. Mereka selalu berbondong-bondong mengantri tiket konser piano seperti semut. Karena bagaimanapun juga, piano bisa masuk ke hampir seluruh musik terkenal. Konser piano yang digelar Mozart. benar-benar merupakan konser musik instrumental yang tanpa bantuan iringan penyanyi ternyata tetap dapat lebih dinikmati. Inilah kehebatan yang dimiliki alat musik piano. Permainan pada konser piano bisa terlaksana dengan baik secara solo (sendirian), duo (berdua), trio (bertiga), maupun kuartet (berempat). Hal ini telah dibuktikan sejak lama oleh para pianis terkenal seperti Mozart, Hadyn,Beethoven, Schubert, Schumann, Mendelssohn dan Brahms.
Pada perkembangannya piano berkembang menjadi alat music lain, seperti elektone. Organ tunggal ini lebih komplit dan lebih lengkap baik suara, style musiknya maupun kelebihan-kelebihan yang lain. Perkembangan tekhnologi memang telah benar-benar mengubah dunia. Mau dengar lagu-lagu elektone karya Penulis ? silahkan KLIK Disini.

1 komentar: